UKM

Cara cek UMKM penerima BPUM 2021 lewat BNI di banpresbpum.id

KONTAN.CO.ID – Selain BRI, salah satu bank yang menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro atau BPUM adalah BNI. Cara cek UMKM penerima BPUM 2021 melalui BNI pun cukup mudah yakni di laman banpresbpum.id. 

Pemerintah telah menyiapkan dana Rp 15,36 triliun untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Bantuan tersebut menyasar 12,8 juta pelaku usaha, dan diberikan dengan tujuan untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19 bagi sektor UMKM. 

Besaran bantuan yang juga disebut dengan Bantuan Produktif Usaha Mikro atau BPUM ini adalah sebesar Rp 1,2 juta per pelaku UMKM

Cara cek BLT UMKM melalui BNI

Berikut cara mengecek apakah UMKM terdaftar sebagai penerima BPUM di BNI:

  • Buka laman https://banpresbpum.id  
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) 
  • Klik “Cari” 
  • Lalu akan muncul apakah pelaku UMKM terdaftar atau tidak sebagai penerima BPUM 2021.

Dikutip dari Kompas.com (25/4/2021), pelaku UMKM yang terdaftar sebagai penerima dapat mencairkan BLT UMKM dengan mendatangi kantor cabang BNI dan menandatangani serta menyampaikan SPTJM (surat pernyataan tanggung jawab mutlak). 

Syarat lain yang juga harus dibawa saat pencairan bantuan adalah e-KTP, Kartu ATM, dan buku tabungan. 

Setelah seluruh syarat pencairan terpenuhi, penerima bantuan dapat mencairkan dana BPUM melalui ATM BNI, ATM Link, ATM Bank Lain, Agen46, atau kantor cabang BNI terdekat.

Sumber: Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kunjungi Kami www.kjaanditagunawan.com
Stay tuned 
close-image