Makro

BI Ramal Penjualan Eceran Januari 2020 Melempem

Jakarta, CNN Indonesia — Bank Indonesia (BI) memperkirakan tingkat penjualan eceran Januari akan menurun. Penurunan tersebut terjadi sejalan dengan pola musiman tingkat penjualan eceran pada awal tahun.

Penurunan juga sudah tercermin dari indeks penjualan riil Januari 2020 yang diperkirakan tumbuh minus 3,1 persen secara tahunan. Kondisi tersebut semakin menurun jika dibandingkan dengan indeks penjualan riil pada Desember 2019 yang tumbuh minus 0,5 persen.

Dalam pernyataan mereka, BI menyatakan faktor utama yang memicu penurunan penjualan eceran adalah penjualan kelompok barang budaya dan rekreasi serta kelompok sandang.

Penurunan tersebut sejalan dengan pola konsumsi masyarakat yang kembali normal setelah perayaan hari besar keagamaan.

Sementara itu, BI dalam catatannya menyatakan tingkat penjualan eceran pada kuartal IV 2019 tumbuh 1,5 persen. Pertumbuhan tersebut sedikit lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya yang hanya 1,4 persen.

BI menyatakan peningkatan pertumbuhan tersebut ditopang oleh penjualan kelompok makanan, minuman dan tembakau, serta kelompok perlengkapan rumah tangga dan kelompok suku cadang dan aksesori yang lebih tinggi.

Sumber: Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kunjungi Kami www.kjaanditagunawan.com
Stay tuned 
close-image